Bagaimana Konstruksi kolam renang yang baik

Detikposnet | Bagaimana Kontruksi Kolam Renang yang Baik! Kolam renang bukanlah suatu hal yang asing lagi dikehidupan kita semua, hampir semua orang tahu dan pernah mencobanya. Sesuai dengan namanya, kolam renang tentu saja digunakan oleh orang-orang untuk berenang. Bahkan berenang ini menjadi salah satu mata pelajaran dalam bidang olahraga, yang harus dilakukan di sekolah-sekolah

Kolam renang ini bisa dikatakan sebagai fasilitas umum yang banyak digunakan. Tak hanya menjadi fasilitas umum, sekarang ini hampir semua orang mempunyai kolam renang di rumahnya masing-masing. Akan tetapi tidak sedikit juga orang yang mengalami kecelakaan atau cidera di dalam kolam renang.

Ini membuktikan selain harus berhati-hati, faktor kontruksi pembangunan kolam renang pun sangat perlu diperhatikan. Lalu bagaimana sih kontruksi kolam renang yangbaik danbenar itu? Yuk kita simak bersama-sama

konstruksi kolam renang

Kontruksi Kolam Renang yang Baik!

Inilah beberapa persyaratan dasar kontruksi kolam renang yang baik

  1. Lahan yang akan dijadikan kolam renang terlebih dahulu harus dibeton, baik pada lantai kolam renang ataupun dinding-dinding kolam renang. Pembetonan ini bertujuan agar kolam renang kuat dan kokoh. Biasanya pembuatan kolam renang itu hasil penggalian tanah, beton pada kolam renang tidak boleh bocor sampai tanah.
  2. Kontruksi kolam renang yang baik selanjutnya, adalah pada proses pembuatan beton harus dirancang dan dibangun dengan benar-benar. Sehingga dapat menyebabkan keketatan air juga baik, dan harus disesuaikan dengan kondisi kolam baik saat air terisi penuh atau sebagian. Kondisi beton harus rapat air, sehingga tidak tembus ke dalam tanah besar kemungkinan bisa membuat air mudah kotor.
  3. Pembuatan lantai dan dinding kolam renang harus benar-benar dikerjakan dengan baik, harus selesai tanpa menyisakan celah sedikitpun. Bahan yang digunakan harus lembut agar tidak melukai orang, dan dibuat dengan bahan yang menarik agar enak dipandang. Air yang digunakan harus berkualitas baik, selain menjaga agar kolam renang terlihat bersih dan tetap menjaga kekokohan pondasi utamanya.
  4. Kontruksi kolam renangberikutnya, setiap membangun kolam renang tentu harus dibuat jalan setapak. Jalan setapak ini bisa disebut sebagai saluran air, ini dibuat mengelilingi kolam renangnya. Dibuat dengan bahan yang anti selip, sehingga mudah dibersihkan dan memiliki kekuatan yang tahan lama. Biasanya jalan setapak ini dibuat dengan lebar kurang lebih 1,5 meter.
  5. Keamanan adalah nomor satu, kontruksi pembangunan kolam renang yang harus diperhatikan adalah keamanan. Karena tidak semua orang handal dalam berenang, tidak sedikit orang yang belajar berenang dan banyak anak kecil juga. Sehingga syarat utamanya adalah membuat pegangan tangan disekeliling kolam renang, dan kondisi anak tangga juga harus diperhatikan. Anak tangga tidak boleh lebih dari 900 milimeter di bawah permukaan air.
  6. Kontruksi kolam renang selanjutnya, adalah ketentuan dalam pembuatan papan loncat. Sebetulnya kolam renang tidak harus memiliki papan loncat, biasanya kolam renang yang menggunakan papan loncat ini adalah khusus untuk pelatihan.

Kontruksi untuk papan loncat hunian ini adalah campuran dari batu, pasir, semen, fly ash, air dan batu bata. Prosedur pembuatannya hampir sama dengan pembangunan kolam di perumahan. Ada juga papan loncat yang terbuat dari bahan Vinyl liner dengan Back up yang sudah tersedia di kolam renang.

Nah itu saja syarat dasar dari kontruksi kolam renang yang baik, semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat.

One Reply on “Bagaimana Konstruksi kolam renang yang baik”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *