Cara membuat Gambar desain Kolam Renang yang Ideal

gambar kolam renang ideal

Detikposnet|Zaman yang semakin berkembang, membuat aktivitas orang menjadi semakin padat. Alhasil akan mudah stress dan penat, terutama yang tinggal di perkotaan. Hal tersebut menghadirkan alasan mereka membuat lokasi refreshing di rumah, maka desain gambar kolam renang dapat menjadi inspirasi jika ingin membuat spot rekreatif.

gambar kolam renang ideal
gambar kolam renang ideal

Pengertian desain Gambar Kolam Renang

Di tengah padatnya aktivitas pekerjaan sering menyebabkan kelelahan dan stress. Solusinya tentu saja bisa didapat dengan melakukan refreshing. Namun rutinitas kebanyakan pekerja saat ini tidak memungkinkan hal tersebut dijalankan, terutama bepergian ke tempat rekreasi yang bagus.

Hal tersebut membuat kebanyakan pekerja hanya menghabiskan waktu istirahat mereka di rumah. Lantas bagaimana agar stress dan penat yang dirasakan dalam pekerjaan dapat selesai. Jawabannya tentu membangun atau membuat spot refreshing sendiri di tempat tinggal sendiri.

Baca Juga : Bagaimana Konstruksi kolam renang yang baik ?

Hal dimaksud bisa dengan kolam renang yang memberikan banyak cara pemanfaatan. Di antaranya untuk bersantai maupun bermain air dengan keluarga ataupun teman. Semua tergantung seperti apa konsep, bentuk dan desainnya maka sehrusnya poin tersebut perlu diperhatikan.

Penentuan seperti apa hasil jadi bangunan tadi bisa diketahui dari desaingambar kolam renang. Penyebabnya karena sebelum dibuat pasti mengalami proses perencanaan terlebih dahulu. Termasuk di dalamnya adalah sketsa yang mana tercantum berbagai informasi dan citraan.

Langkah Pembuatan desain Gambar Kolam Renang

Pembahasan berikutnya adalah menyangkut keseluruhan proses pembuatan gambar kolam renang. Hal tersebut akan memberikan tambahan pengetahuan tentang sesuatu yang dilalui dalam perencanaan. Berikut daftar langkah-langkahnya disertai penjelasan singkat untuk bisa dipahami:

  1. Mencari Referensi

Langkah pertama yang perlu dikerjakan adalah mencari berbagai referensi. Biasanya sebelum sebuah sketsa tercipta desainer terlebih dahulu mengumpulkan beberapa percontohan. Hal tersebut akan membantu memudahkan proses berikutnya dengan memberikan gambaran secara kasar.

Berbagai referensi tersebut perlu dikumpulkan dan diperiksa tentang faktor yang menarik. Kemudian ditentukan seperti apa bentuk dasar serta hasil jadinya nanti. Sumber untuk mencari hal tersebut bisa melalui internet maupun media lainnya.

  1. Memperhatikan Lokasi

Proses berikutnya adalah melihat dimana kolam renang akan dibangun. Hal tersebut akan memberikan dampak dan andil besar pada perencanaan juga konsep yang ingin diangkat. Misalkan jika mau membangun di belakang rumah dapat dicari tahu lebih lanjut.

Hal-hal terkait ukuran serta keadaan lingkungan yang ada sehingga konsep akan lebih jelas. Selain itu proses ini juga memudahkan desainer setelah pencarian referensi untuk melihat kesesuaian dengan gambaran. Maksudnya ketika pembanguanan dilakukan dapat berjalan lancar tanpa kendala.

  1. Menentukan Bentuk Dasar

Langkah ketiga dapat dikerjakan setelah diketahui lingkungan dan lokasi ingin dibangunnya kolam renang. Hal tersebut adalah penetuan bentuk dasarnya umumnya memang berbentuk persegi panjang. Namun perkembangan dalam dunia konstruksi juga membuat pilihan semakin banyak.

Beberapa di antaranya adalah lingkaran, lalu kombinasi antara bentuk persegi dengan segitiga dan masih banyak lagi. Desainer dapat dengan bebas memberikan berbagai pandangan mengenai hal tersebut. Alasannya karena telah melihat lokasi sehingga hasilnya akan dibuat sesuai.

  1. Memulai Penggambaran

Setelah bentuk dasar dari kolam renang ditentukan maka selanutnya adalah memulai membuat gambar. Sketsa tersebut dibuat mulai dari bentuknya kemudian penampakan dari berbagai sisi. Umumnya berjumlah empat yaitu depan, atas, samping dan pojok.

Penggambaran pada langkah ini bisa dilakukan dalam bentuk sketsa saja. Kemudian baru akan ditambahkan dan dicocokkan dengan kondisi lingkung. Hal tersebut termasuk kedalaman, lebar masing-masing bagian, sampai ukuran lainnya secara sisi teknis.

  1. Menambahkan Atribut Pendukung pada gambar sketsa kolam renang

Jika gambaran dimaksud telah selesai maka selanjutnya adalah penambahan atribut. Berbagai elemen dapat dimasukkan dalam sketsa kosongan sebelumnya atau membuat yang baru. Tujuannya untuk memperjelas seperti apa nanti hasil jadinya.

Beberapa hal yang termasuk dalam atribut kolam renang ada banyak. Di antaranya seperti jalan stapak, penambahan tanaman atau diorama hiasan, pegangan pinggir maupun air mancur. Poin tersebut dapat dipilih dengan nuansa dan konsep awal sesuai keinginan.

  1. Mencantumkan Informasi Tambahan

Langkah terakhir sebelum gambar atau sketsa dikatakan rampung adalah mencntumkan info tambahan. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan wawasan tentang apa yang ada pada gambar. Jadi orang lain dapat memahami maksud dan arti di dalamnya.

Hal tersebut meliputi material yang digunakan, keterangan ukuran secara rinci. Kemudian warna dan kelengkapan untuk mempercantik kolam renang dan lain sebagainya. Informasi tambahan akan memberikan kemudahan misalkan kontraktor dalam memahami maksud sehingga hasilnya sesuai.

Penempatan Kolam Renang yang Tepat dan ideal

Pembahasan berikutnya adalah tentang penempatan kolam renang yang baik. Fator lokasi merupakan salah satu poin penting dalam pembangunan konstruksi dimaksud. Berikut akan disebutkan beberapa daftar rekomendasi beserta penjelasannya:

  1. Halaman Belakang

Lokasi pertama merupakan yang paling umum dijumpai hampir semua orang. Hal tersebut adalah pada bagian halaman belakang rumah. Alasannya kerena memang selain untuk menjaga privasi juga memberikan keleluasaan lebih dalam penggunaanya.

Selain itu terdapat faktor seperti sisi luar halaman belakang yang lebih dibandingkan lokasi lain. Kemudian pada rumah-rumah tempat tersebut memang banyak dijadikan spot pribadi untuk bersantai. Hal tersebut cocok dengan pengambilan konsep kolam renang dilingkungan luar.

  1. Dalam Ruangan

Lokasi berikutnya adalah pembangunan kolam renang yang berada didalam ruangan. Hal tersebut memang terkesan baru dan kurang populer beberapa tahun lalu. Namun semakin lama banyak orang mengadopsi konsep ini untuk memberikan suasana rileks kapanpun termasuk malam hari.

Namun pembangunan dalam ruangan biasanya tidak memiliki ukuran ruangan yang lebar. Hal tersebut menyebabkan kolam renang dengan konsep dimaksud mempunyai luas terbatas. Namun sesuai dengan tujuannya dimana lebih ke arah berendam maupun bersantai.

  1. Atap Bangunan

Lokasi terkahir yang mungkin sedang naik daun terutama di tempat-tempat rekreasi adalah kolam renang di atas atap. Hal tersebut memang tidak lazim terutama untuk kelas rumahan. Namun konsep dimaksud bukan tidak bisa dilakukan, karena telah dipatahkan beberapa orang.

Memang tidak semua bisa melakukan hal tersebut karena membutuhkan syarat khusus. Di antaranya adalah mulai dari biaya yang tinggi, perawatan ekstra juga faktor struktur bangunan tidak boleh sembarangan. Namun sebenarnya konsep tersebut cukup menarik untuk diterapkan.

  1. Samping Rumah

Lokasi berikutnya adalah bertempat pada samping rumah. Kolam renang dengan pengambilan konsep peregi maupun lonjong tentu akan memberikan dampak bagus. Bahkan secara kepercayaan orang cina bisa membawa keberuntungan dan kenyamanan bagi penghuni.

Berbagai hal bagus tersebut perlu didukung dengan konsep kolam renang yang bagus. Misalkan saja mengambil tema netral, minimalis namun modern. Maka ketika digunakan mampu memberikan nuansa indah dan memberi kesejukan ketika sedang bersantai menikmati hari libur.

Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan pada pembuatan desain gambar kolam renang

Setelah masalah lokasi selesai dikerjakan maka berikutnya adalah mempertimbangkan beberapa hal. Poin dimaksud akan memperngaruhi kualitas dan kesan yang ditimbulkan ketika memakai kolam renang. Berikut ini merupakan daftar ulasannya untuk diperhatikan lebih lanjut:

  1. Integrasi

Hal pertama yang perlu menjadi perhatian adalah perihal integrasi kolam renang. Maka penting memiliki konstruksi tersebut karena kebanyakan orang cenderung lebih suka memandang ketimbang berenang. Memperhatikan poin dimaksud akan bagus untuk memberikan kesan lebih.

Maka keselarasan antara konstruksi kolam renang dengan air serta rumah penting diperhatikan. Jika terjadi miss konsep akan mengurangi kesan yang didapatkan saat menikmati tempat tersebut. Integrasi memberikan dampak bagus untuk pemandangan dan refreshing.

  1. Peraturan Pemerintah

Poin berikutnya adalah terkait peraturan pemerintah terkait peryaratan wajib jika memiliki kolam renang. Hal tersebut berhubungan dengan pengadaan pagar untuk menutupi konstruksi. Alasannya karena pada daerah tertentu terdapat aturan yang mengikat.

Namun alangkah lebih baik jika memeriksa sendiri terkait peraturan pemerintah lokal dimaksud. Pengecekan dapat dilakukan masalah berdirinya konstruksi juga zonasi. Hal tersebut benar-benar bisa mempengaruhi keselamatan orang di sekitar

  1.  Lingkungan

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah tentang faktor lingkungan sekitar kolam renang. Perhatikan lokasi tempat dibangunnya konstruksi alam dapat mempengaruhi poin tersebut. Matahari mampu merubah suhu sampai dengan 4 deraja celcius lebih hangat.

Maka perhatikan untuk setidaknya memilih kolam renang menghadap keutara agar bagus. Jika posisinya kurang tepat pasti memberikan efek dingin dan penguapan akibat angin berlebih. Hal tersebut perlu diatasi dengan pemasangan penahan udara.

  1. Keamanan

Pembuatan kolam renang perlu mempertimbangan keamanan orang lain terutama anak-anak. Maka perhatikan untuk memastikan keamanan seperti menyediakan tambahan atribut misalkan handle. Hal tersebut akan sangat membantu dalam menjaga agar tidak tergelincir.

Mungkin jika orang tersebut memiliki kemampuan luar biasa dalam berenang tentu bukan menjadi alasan. Namun bisa dibayangkan apabila terjadi pada anak kecil yang baru belajar. Maka sebaiknya dilakukan pengamanan ekstra misalkan diberu batas dan informasi kedalaman air.

  1. Objek

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah pastikan disekitar kolam renang bebas dari objek. Poin tersebut bisa berupa benda mati maupun instalasi kabel. Alasannya agar tidak terjadi masalah buruk dikemudian hari misalkan berada datas saluran air hujan atau selokan.

Jika hal tersebut terjadi dan misalkan ada masalah maka memerlukan pembiayaan khusus. Selain itu adanya pohon disekitar kolam renang dapat membawa dampak kurang baik. Maksudnya pada bagian akar dimana akan mengganggu dinding dan sistem instalasi pipa.

  1. Peralatan

Tentunya secara konstruksi kolam agar dapat berfungsi dengan baik terdapat beberapa peralatan. Misalkan agar kondisinya tetap jernih maka memerlukan pompa penghisap. Selain itu juga ada filter yang menyaring agar kotoran tidak ikut berada dalam air.

Lokasi pompa bahakan juga akan membawa dampak buruk atau kurang maksimal jika tidak tepat. Perlu diketahui bahwa semakin dekat jaraknya dengan permukaan kolam maka kinerjanya lebih bagus. Penyaringan dengan filterpun seharusnya mengambil posisi rendah sehingga bersih.

  1. Elemen Tambahan

Hal penting untuk diperhatikan berikutnya dari kolam renang adalah elemen pendukung. Tidak ajarang ditemukan dalam konstruksi terdapat beberapa benda yang kurang diperlukan. Misalkan saja lampu di bagian bawah berjumlah banyak, juga alat penghasil asap.

Beberapa elemen tersebut perlu diperhatikan apakah benar-benar dibutuhkan. Memang tidak ada salahnya namun bisa saja dengan adanya elemen pendukung malah akan memberikan dampak buruk pada kolam renang. Misalkan saja pemborosan listrik atau mempengaruhi kualitas air.

Sketsa desain Gambar kolam renang yang ideal merupakan salah satu tahapan yang selalu dibutuhkan dan ada pada pembuatan konstruksi, mangetahuinya akan memberikan banyak manfaat secara tidak langsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *